inklusif

bersama mbak ayu, ketua ikatan waria yogyakarta (iwayo)

kemarin diajak mas yan parhas datang ke acara ulang tahun perkumpulan keluarga berencana indonesia cabang yogyakarta, sebuah lsm bidang kesehatan reproduksi.

di sana, saya bertemu banyak kawan hebat. salah satunya adalah mbak ayu, ketua iwayo (ikatan waria yogyakarta).

mbak ayu dengan sabar mengajak saya berkeliling pameran foto kegiatan inklusif dan produk yang diprakarsai kawan-kawan waria. satu-satu foto dia ceritakan. saya menyimak dan sesekali mengajukan pertanyaan yang lumayan lugu.

saya juga senang bisa mengobrol dengan mami, seorang mantan psk yang sejak belasan tahun lalu mendirikan rumah singgah bagi mereka yang hiv positif. ada pula bu shinta, pendiri pesantren waria al-fatah. belum lagi para pekerja kreatif yang menampilkan karya-karya mereka di situ.

lebih dari yang tampak, mbak ayu, mami, dan bu shinta serta kawan-kawan ini telah membangun ruang aman dan nyaman bagi orang-orang yang butuh tanpa terkecuali, pada saat mereka tak ‘diterima’ di tempat lain manapun. mereka kini ada tempat untuk pulang dan merasa punya rumah.

sebagai seorang albino, saya paham rasanya berbeda, dibedakan, diejek, dipojokkan, dan sebagainya—hanya karena saya adalah saya.

namun, saya sadar stigma dan tantangan saya tidak ada seujung kuku dari stigma dan tantangan para kawan waria maupun kelompok masyarakat lain yang mengalami hal serupa, seperti penyandang hiv.

lebih kagum lagi, tidak ada satu komentar negatif pun yang mereka lontarkan tentang siapapun selama kami mengobrol. mungkin ini yang namanya memaafkan dan berhati luas.

terima kasih, kawan-kawan, sudah menambah wawasan saya, sekaligus mengusik batin. pekerjaan rumah kita masih banyak.

terima kasih juga hiburan dan ekspresi bebas (menjurus ke asal :)))-nya yang membuat saya ikut gembira, tertawa lepas, dan merasa bebas.

tabik atas perjuangan kawan-kawan. semoga masyarakat kita bisa semakin bijak, penuh kasih, dan inklusif.

yang mau ikut dukung upaya mereka, colek saya.

ps: mbak ayu kalau nyanyi suaranya baguusss.
pps: baru nyadar kalau warna baju kita matching 🤣

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s