selamat ulang tahun, taman bacaan pelangi

Pada awal pandemi, saya berbincang dengan nila tentang apa yang perlu kami lakukan sebagai taman bacaan pelangi, sebuah yayasan yang dia dirikan untuk merawat minat baca anak-anak di indonesia timur. seperti halnya semua orang dan organisasi, kami pun terdampak.

banyak “bagaimana kalau …” terlontar selama percakapan. pada akhirnya, kami sepakat untuk kembali ke sikap yang kami terapkan pada masa awal taman bacaan pelangi: jalani saja. bagian yang belum jelas nanti akan terang pada waktu-Nya.

berlebihan nyantainya? tidak juga. hanya percaya. percaya bahwa niat kami akan terdengar dan terdukung oleh semesta. pada waktunya, semesta akan mengarahkan senternya ke jalan yang perlu kami tempuh.

sementara itu, kami kerjakan apa yang di depan mata dan upayakan agar teman-teman tetap bisa berkarya dan anak terbantu.

tentu bukan berarti kami berpangku tangan. nila dan teman-teman terus berjejaring, membuka mata dan telinga, peka dan merespon peluang dan kebutuhan, sambil meneruskan proyek yang masih berlangsung. bola terus digulirkan.

namun, sikap “kerjakan saja apa yang di depan mata. selanjutnya, kita lihat saja“ telah menolong kami menjalani organisasi khususnya pada masa-masa seperti ini.

pandemi mengajak kami untuk kembali ke awal, ketika sikap dan itikad lebih sederhana. melambat sejenak untuk melihat apa yang kami punya dan merawatnya serta melepas apa yang sudah saatnya kami lepas.

dua belas tahun bukan masa singkat, tetapi bukan pula masa yang terlalu panjang. masih banyak yang lebih senior daripada kami, lebih besar daripada kami, semua sesuai porsi masing-masing.

dua belas tahun adalah pengingat bukan (dan tidak pernah ada) waktunya kami menepuk dada sendiri. kalau pun ada yang bisa ditepuk, itu adalah anak-anak muda indonesia yang mengatakan ya untuk membantu kami; para guru dan orang tua yang demikian cinta kepada anak-anaknya; para sahabat yang membantu dengan apa yang mereka bisa, dan anak-anak yang binar matanya selalu menjadi penyemangat. rasa syukur selalu kepada-Nya.

dirgahayu taman bacaan pelangi. mari tingkatkan akses ke buku anak berkualitas bagi anak-anak di pelosok indonesia timur. sehingga minat baca mereka terjaga, wawasan dan kepercayaan diri mereka berkembang, dan mimpi mereka menjadi nyata atau bahkan lebih lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s